Jumat, 02 November 2012

Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2 (Tugas 2)


Nama Kelompok: - Aditya Mahardhika Farhan (20210198)
-   Dyah Nawang Wulan (22210228)
-   Juni Erbina Simarmagi (23210813)
Kelas                     : 3EB09
Tugas                    : Bahasa Indonesia 2 (Tugas  II)


Salah satu bentuk esei kritik ialah tinjauan buku. Kalian harus menemukan buku penunjang dalam bidang Akuntansi (buku populer). Untuk tugas ini, kalian harus membedakan antara tujuan tinjauan dan tujuan buku tersebut. Jadi tugas kalian ada 2, yaitu apa tujuan kalian melakukan tinjauan buku X dan apa tujuan penulis menyusun buku tersebut. Selanjutnya, tugas kalian adalah:
1. jelaskan apa tujuan esei kritik tinjauan buku tersebut.
2. tujuan penulis buku tersebut.
Kalian harus memberikan rangkuman buku dan memberikan kesimpulan bahwa buku tersebut baik untuk   dibaca atau tidak.

JAWAB:

INTERNASIONAL ACCOUNTING
BUKU 1 EDISI 6, FREDERICK D.S. CHOI – GARY K. MEEK
PENERBIT SALEMBA EMPAT

1. Tujuan Tinjauan:
- Untuk menyelesaikan tugas Softskill Bahasa Indonesia 2
- buku ini kami tinjau dikarenakan cangkupan isi buku “International Accounting” penerbit Salemba Empat      kami anggap luas. Buku ini membuka wawasan pembaca tentang Dunia akuntansi secara meluas. Dan Efektif untuk kami mahasiswa jurusan Accounting

2. Buku ini ditulis dengan tujuan memperkenalkan para siswa pada dimesi-dimensi internasional akuntansi, laporan keuangan, dan kendali keuangan. Dunia dimana para siswa akan mengejar karier profesional mereka adalah sebuah dunia yang di dominasi oleh bisnis global dan penanaman modal tanpa batas. Oleh karena kegiatan-kegiatan ini membutuhkan keputusan-keputusan yang didasarkan pada data keuangan, pengetahuan akan akuntansi internasional sangat penting guna mencapai pemahaman yang tepat dalam komunikasi keuangan internal dan eksternal.

Rangkuman buku:
                Akuntansi Internasional, yang merupakan subjek buku teks ini tidaklah berbeda dari peranan yang dimaksudkan. Hal ini membuat pelajaran ini berbeda adalah bahwa entitas yang dilaporkan adalah perusahaan multinasional dengan operasi dan transaksi yang melintas batas-batas negara, atau suatu entitas dengan kewajiban pelaporan kepada para pengguna yang berlokasi di negara selain negara entitas pelaporan.
                Akuntansi mencakup beberapa proses yang luas: pengukuran, pengungkapan, dan pemeriksaan (auditing). Pengukuran adalah proses mengidentifikasikan, mengelompokan, dan menghitung aktivitas ekonomi atau transaksi. Pengukuran itu memberikan masukan mendalam mengenai profitabilitas operasi suatu perusahaan dan kekuatan  posisi keuangannya. Pengungkapan adalah prosesdimana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna yang diharapkan. Bidang ini memusatkan perhatian pada isu-isu seperti apa yang akan dilaporkan, kapan, dengan cara apa, dan kepada siapa. Auditing adalah proses dimana kalangan profesional akuntansi khusus (auditor) melakukan atestasi (pengujian) terhadap keandalan proses pengukuran  dan komunikasi. Apabila auditor internal adalah karyawan perusahaan yang bertanggung jawab kepada manajemen, maka auditor eksternal adalah pihak bukan karyawan yang bertanggung jawab untuk melakukanat estestasi bahwa laporan keuangan perusahaan disusun menurut standar akuntansi yang berlaku umum.
                Pemahaman terhadap dimensi internasional dariproses akuntansi yang baru saja dijelaskan merupakan sesuatu yang penting bagi mereka yang ingin mengelola suatu usaha atau memperoleh atau memasok pembiayaan melintas batas-batas negara. Bahkan sebuah perusahaan yang beroperasi semata-mata didalam batasan-batasan suatu negara tertentu tidak lagi tersekat dan terpisahkan dariaspek-aspek akuntansi yang bersifat internasional. Hal ini karena ketergantungan kepada pemasok internasional yang menuntut untuk menekan biaya produksi dan berupaya untuk selalu kompetitif secara global, semua ini telah menjadi sesuatu yang umum dan wajar dalam bisnis dewasa ini.
                Jumlah akuntansi dapat berbeda secara signifikan sesuai dengan prinsip-prinsip yang mengaturnya. Perbedaan-perbedaan dalam budaya, praktik bisnis, politik dan perundang-undangan, sistem hukum, nilai mata uang, tingkat inflasi lokal, risiko bisnis, dan hukum pajak sel;uruhnya mempengaruhi bagaimana MNC melakukan kegiatan operasi dan pelaporan laporan keuangannya diseluruh dunia. Tidaklah mungkin dapat memahami laporan keuangan dan budaya usaha yang mendasarinya.

Kesimpulan:
Buku ini baik untuk dibaca karena buku ini bertujuan:
     a. Menguraikan perkembangan dan struktur dasar dari profesi akuntansi dan konsep-konsep akuntansi
     b. Menguraikan dan menggambarkan sistem akuntansi untuk perusahaan [perdagangan dan perusahaan industri
     c. Menguraikan dan menggambarkan sistem akuntansi untuk perusahaan perorangan firma dan perseroan
     d. Menguraikan dan menggambarkan konsep-konsep akuntansi untuk perencanaan, pengawasan, dan analisis terhadap operasi perusahaan.
            Buku pemegang penghargaan ini tidak hanya layakdibaca oleh mahasiswa S1 dan S2, tetapi juga bagi akuntan profesional,eksekutif keuangan, manajer investasi, dosen, dan administrator profesional di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar